POTENSI WISATA TELE HARIAN

Saturday, January 31, 2009

Tele merupakan suatu nama tempat terletak di Kecamatan Harian yang mempunyai keunikan tersendiri dibandingkan daerah wisata pemandangan lainnya. Letaknya berada di dataran tinggi Jalan Lintas Dolok Sanggul- Sidikalang yang menjadikan udara di daerah ini menjadi dingin dan sejuk. Kepuasan akan kiata dapat saat kita memandang kearah Utara menatap Pusuk Buhit, Pulo Samosir plus Danau Toba nan indah dan memukau.


Dengan segala potensinya, Kawasan Tele sangat layak untuk dikembangkan sebagai objek wisata alam. Cukup banyak tempat jualan yang mencukupi kebutuhan wisatawan di tempat ini. Sebagai pintu masuk jalan darat ke Samosir kawasan ini semakin hari semakin ramai . Pembuatan kerajinan tanganpun sangat potensi untuk dikembangkan sebagai usaha rakyat.

Namun, untuk mewujudkan nilai keindahan itu sampai menjadi PAD (Pendapatan Asli Daerah), tidaklah semudah membalik telapak tangan. Membangun kawasan pariwisata, tidak mungkin dapat dilakukan oleh pihak Dinas Pariwisata saja, karena dalam pelaksanaannya terkait dengan Kimpraswil, Perhubungan, Kepolisian dan lainnya. Jika ingin membangun pariwisata, maka bangunlah infrastrukturnya yang kuat terlebih dahulu.

0 comments: